Cara Mengatasi Masalah (Troubleshooting) OpenVPN

Cara Menangani Masalah Dalam Menggunakan OpenVPN - Mungkin ada kalanya saat kita mencoba melakukan koneksi ke OpenVPN mengalami berbagai masalah, seperti Restart Pause 5 second, aplikasi existing, server disconnect dan masih ada lagi yang lainnya. Untuk itu, pada kesempatan yang sangat berbahagia ini saya akan membahas cara menangani masalah OpenVPN ini. Kedengarannya kayak formal banget ya. Hehehe. . .


Dalam hal Phreaking (Gretongan) gak asyik rasanya kalau koneksi lancar terus tanpa gonjang-ganjing apalah-apalah gitu. Rasanya gak ada sensasinya gitu menurut saya. Bisa dibilang kurang greget gitu deh. Tentunya dengan menemui berbagai masalah itu ya untuk sekalian mengasah kemampuan kita menangani berbagai masalah itu. Kalau koneksi gratisan anteng-anteng aja kan serasa kayak paketan berbayar alias langganan operator. Gak asoy mah kalau menurut saya. Hehehe. . .


Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa masalah yang sempat saya alami saat menggunakan OpenVPN ini. Baik OpenVPN Client Via Android maupun SecurePoint SSL VPN Via PC/Laptop Windows. Baiklah kita mulai saja kalau begitu. Berikut beberapa masalah OpenVPN dan cara menanganinya :

1. Restart Pause OpenVPN
Nih screenshot dari aplikasi SecurePoint SSL VPN dan OpenVPN Client mengenai masalah restart pause ini :

cara mengatasi masalah openvpn

cara mengatasi masalah openvpn

Ini nih masalah yang sering saya jumpai saat menggunakan OpenVPN. Masalah ini memiliki beberapa kemungkinan kenapa bisa terjadi lo. Diantaranya : Bug host bermasalah atau mati, IP gak cocok jadi susah konek (sama seperti pengalaman saya. biasanya yang mengalami itu pemakai SC Isat/Tsel), proxy server bermasalah atau mati, server OpenVPN bermasalah (mati), dan kartu memasuki masa tenggang. Menurut saya ya itulah penyebab kenapa masalah Restart Pause pada OpenVPN dapat terjadi. Sekarang kita menuju solusinya. Gimana gan solusinya :

Matikan Layanan Data atau Disconnect Modem terlebih dahulu. Lalu aktifkan data atau Connect Modem. Kemudian coba melakukan koneksi OpenVPN lagi. Bila mengalami masalah yang sama, coba ulangi proses yang barusan sebanyak 10 kali. Bila tetap mengalami masalah yang sama, matikan HP atau cabut modem Agan. Keluarkan kartu dari HP atau Modem. Tunggu sekitar 10 detik. Kemudian masukan lagi kartu ke dalam HP atau Modem. Hidupkan HP atau colokan modem kembali. Lakukan langkah connect layanan data atau modem kemudian connect OpenVPN seperti tadi. Bila belum bisa, ulangi sebanyak 10 kali lagi. Bila tetap tidak bisa, dapat dipastikan kalau bug bermasalah atau server OpenVPN bermasalah

Baca Juga >> Cara Menggunakan SSH Tunnel di Android

2. Application Existing OpenVPN
Untuk masalah yang satu ini belum saya screenshot gan. Saya juga pernah kok mengalami masalah ini. Jadi, gak ada salahnya kan kalau sekalian dibahas. Kalau Agan pengguna OpenVPN gratisan pasti sering mengalami masalah ini. Apalagi kalau config-nya dipakai orang banyak sekaligus. Dapat dikatakan 1 config untuk semua orang lah begitu. Pada dasarnya kan 1 akun OpenVPN sebaiknya dipakai untuk 1 orang. Bukan dipakai rame-rame begitu. Makanya aplikasi OpenVPN bisa saja memunculkan pesan error seperti itu. Bagaimana gan solusi untuk Application Existing ? Begini gan solusinya :

Keluarkan aplikasi OpenVPN Client atau SecurePoint SSL VPN terlebih dahulu. Lalu buka lagi aplikasinya dan coba lakukan koneksi OpenVPN lagi. Bila masalah masih sama, keluarkan lagi aplikasinya. Kemudian matikan koneksi internet Agan. Sekarang buka lagi aplikasi OpenVPN tadi. Setelah aplikasi terbuka, aktifkan internet Agan dan coba lakukan koneksi ke OpenVPN lagi. Bila masalah tetap sama, dapat dipastikan kalau akun OpenVPN yang Agan pakai sudah mencapai batas limit pengguna. Makanya server menolak dan aplikasi mendeteksi application existing. Solusinya ya dengan ganti config atau akun yang lainnya gan. Hehehe. . .

Baca Juga >> Cara Menggunakan OpenVPN di Android

Berikut beberapa masalah yang sering saya alami saat menggunakan OpenVPN beserta solusi yang sering saya lakukan. Bila Agan menemui masalah lain, silahkan saja untuk ditanyakan. Saya akan senang hati menjawabnya kok. Demikian artikel Cara Mengatasi Masalah (Troubleshooting) OpenVPN dari saya. Semoga dapat membantu para pengguna setia OpenVPN seperti saya ini. Hehehe. . . Sekian dan terima kasih. Salam. . .
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
29 November 2015 20.18 ×

gan ada masalah ama OpenVPN gua bytes in gak maju mulu kalau bytes maju mohon panduan nya

Reply
avatar
29 November 2015 20.19 ×

gan ada masalah ama OpenVPN gua bytes in gak maju mulu kalau bytes maju mohon panduan nya

Reply
avatar
29 November 2015 20.20 ×

gan ada masalah sama OpenVPN guan bytes in gak maju mulu kalau bytes out maju mohon panduan nya gan

Reply
avatar
29 November 2015 20.21 ×

gan ada masalah sama OpenVPN guan bytes in gak maju mulu kalau bytes out maju mohon panduan nya gan

Reply
avatar
Vps Pacitan
admin
8 Desember 2015 22.49 ×

Maaf gan baru bales. Gagal paham saya gan dengan pertanyaan Agan @@,

Reply
avatar
Thanks for your comment