Cara Membersihkan Keyboard Komputer/Laptop dari Debu


Lama kelamaan keyboard komputer/laptop akan menjadi kotor. Maka, perlu dilakukannya pembersihan. Tapi perlu di ingat, tidak sembarangan untuk membersihkan keyboard tersebut. Dalam hal ini ada teknik yang harus dilakukan. Kalau dilakukan secara sembarangan kan sayang kalau rusak. Kalau keyboard komputer sih gak jadi masalah. Berhubung keyboard komputer berjenis PS2 atau USB yang harganya kebanyakan dibawah Rp 100.000,-. Jadi kalau rusak dan beli lagi tidak begitu memberatkan. Gimana kalau keyboard laptop ? Keyboard laptop itu harganya lumayan di kantong. Keyboard ini berjenis socket pin langsung. Harganya pun berkisar antara Rp 250.000,- sampai Rp 500.000,- untuk kondisi baru. Wuih. . . Maka dari itu perlu dirawat dan dibersihkan dengan baik :-)

Kalau keyboard tidak dibersihkan apa yang akan terjadi ? Yang jelas segala jenis debu atau benda lainnya akan menumpuk di sela-sela tombol. Akibatnya, tombolnya terasa lebih keras atau susah respon. Kalau untuk susah respon, berarti debu atau benda lainnya itu menghalangi listrik yang mengarah pada karet karbon tombol keyboard. Makanya terjadi hal demikian. Yang lebih parahnya lagi kalau sampai tidak bisa ditekan atau tidak merespon apa yang kita tekan. Wah. . . Harus segera dibersihkan bila hal itu terjadi. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa membersihkan keyboard sangatlah penting. Dianjurkan untuk melakukannya secara berkala untuk hasil baiknya.

Berikut ini 4 langkah dasar untuk membersihkan keyboard dari kotoran dan debu. Pastikan Agan mematikan terlebih dahulu komputer/laptop dan mencabut kabel keyboard darinya. Lalu ikuti langkah berikut ini :

  1. Balikan keyboard dan cobalah sedikit menggoyangkan agar partikel kecil yang ada di sela-sela kunci bisa jatuh
  2. Gunakan udara bertekanan dan semprotkan ke kunci-kunci untuk mengeluarkan debu dan kotoran. Udara bertekanan itu dapat Agan beli di toko komputer atau fotografi dalam wadah kaleng. Atau pesan aja ke saya :-D
  3. Sedikit basahkan kain bersih kemudian usapkan kain tersebut pada kunci-kunci untuk mengangkat debu yang menempel
  4. Pakailah kuas yang dapat menarik debu lalu usapkan pada kunci-kunci secara perlahan
Berikut sedikit tutorial dari saya. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik. Ingat ! Lakukan dengan hati-hati alias penuh perasaan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti yang saya jelaskan diatas. Nantikan artikel saya yang selanjutnya. Insya Allah bermanfaat untuk Agan. Demikian dan terima kasih.

Salam. . .
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
10 Juni 2015 06.37 ×

Tips yang bermanfaat gan, kalo gini keyboard ane jadi bersih hehe
Salam blogger dan ditunggu kunjungannya

Reply
avatar
Vps Pacitan
admin
10 Juni 2015 11.17 ×

Hehehe. . . Oke gan. Saya sudah mengunjungi punya Agan dan sekalian berkomentar disana. Keren gan udah approve Google Adsense. Ane nyoba ketolak terus soalnya :ng

Reply
avatar
Thanks for your comment